Jumat, 19 November 2010

Rumahku Eksperimenku

Belajar arsitektur memberikan kesempatan untuk bereksperimen semaksimal mungkin pada rumah tinggal. Seperti yang kami lakukan pada rumah tinggal kami. Hasilnya cukup memuaskan, lain daripada yang lain dan sesuai dengan konsep kami. Masih ada saja yang harus diolah lagi, tapi sejauh ini hasilnya sudah sangat nyaman.

Koefisien Luas Bangunan (KLB) max 60%
Luas bangunan 105 m2 dengan luas tanah yang 200 m2 jadi KLB-nya masih dibawah 60%. Sisa tanah untuk taman, carport dan ruang jemur. Kalau terpaksa memerlukan perkerasan digunakan pavingstone sehingga air tetap bisa meresap ke dalam tanah.


Tanpa AC

Sebenarnya alasan utama nggak pake AC karena aku tidak kuat terkena AC. Ndeso ya... tapi ternyata yang ndeso begini yang menguntungkan karena AC tidak ramah lingkungan, perlu listrik banyak dan menimbulkan ketergantungan. Coba lihat anak-anak sekarang, gerah sedikit saja sudah ribut.


Penggunaan pendingin alami

Yang bikin dingin adalah banyak bukaan, langit-langit yang tinggi dan adanya jalusi/krepyak di setiap sisi sehingga penghawaan silang/cross ventilation berjalan dengan sangat baik. Penghawaan buatan hanya ada di R Tidur Utama dan R Tidur Anak, itupun hanya exhaust fan yang mengeluarkan udara kotor dan kipas angin untuk membantu sirkulasi udara. Dinginnya alami dan tidak membuat kulit kering.


Hemat listrik

Karena banyak bukaan dan jendela, rumahku terang sekali jadi penggunaan lampu bisa ditekan. Dulu malah terlalu terang. Itu sebabnya warna cat interior yang tadinya warna pastel aku ganti dengan yang lebih tua supaya tidak silau.

Membentuk kebiasaan hemat
energi
Pengaturan penyalaan pompa air dan setrika. Kalau pompa sudah jalan berarti sekalian isi bak mandi untuk satu hari, cuci piring, siram tanaman dan cuci mobil. Cuci baju dua kali seminggu, kalau tidak terlalu banyak ya dikerjakan manual. Setrika cukup dua kali seminggu. Bangun kebiasaan membaca untuk menggantikan tv dan jangan biasakan nonton sinetron, banyak hal yang lebih berguna bisa dilakukan selain nonton sinetron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar